Minggu, 22 November 2020

manfaat buah pisang

 

1 buah pisang berapa kalori

 Sebagian besar karbohidrat dalam pisang mentah terdiri dari pati. Berbeda halnya ketika pisang sudah matang, pati yang terkandung di dalamnya berubah menjadi gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa ternyata pisang mentah yang berwarna hijau juga punya manfaat untuk kesehatan. 

Pisang ini mungkin dapat membantu mengatasi sejumlah masalah pencernaan seperti diare dan maag, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Tetapi, sumber lain mengatakan bila Anda memakan buah pisang mentah, Anda berisiko mengalami sembelit.

Penelitian berbeda bahkan menunjukkan kandungan lektin pada pisang yang masih hijau bisa berdampak positif bagi penderita HIV. Namun, mengutip dari laman Harvard School of Public Health, protein lektin yang merupakan antinutrien malah bisa menyebabkan sembelit dan dapat menghambat penyerapan sejumlah mineral.

Nutrisi yang terkandung pada pisang akan meningkat saat buah tersebut matang. Pisang yang berwarna kuning dan berbintik hitam dinilai 8 kali lebih efektif dalam meningkatkan kerja sel darah putih dibandingkan dengan pisang mentah–menurut studi tahun 2009 dalam Jurnal Food Science and Technology Research. Sel darah putih sendiri memainkan peran dalam melawan infeksi bakteri, virus, jamur, dan patogen lainnya.

by ; jovee.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

manfaat buah anggur

    1. Mencegah Kanker Mengonsumsi anggur merah secara rutin ternyata dapat membantu tubuh mencegah kanker . Kandungan resveratrol dalam an...